Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tahun 2023

Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) akan diperingati pada tanggal 12 Juli 2023. Tahun ini secara resmi Harkopnas menyandang nama sebagai Hari Koperasi Indonesia (HKI). Untuk itu Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) telah merilis tema dan logo perayaannya tahun ini.

Tema Hari Koperasi Indonesia 2023
Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mengusung tema Hari Koperasi Indonesia ke-76 tahun 2023 adalah “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital”

Bersama dengan tema Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 tersebut, diusung pula sub-tema sebagai berikut:

  • Koperasi Sebagai Pilar Kekuatan Ekonomi di Era Ekonomi Digital
  • Peran Generasi Muda Koperasi Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial
  • Revitalisasi Koperasi Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan.

Logo Hari Koperasi Indonesia 2023
Untuk pertama kalinya Hari Koperasi tahun 2023 menyandang nama sebagai Hari Koperasi Indonesia (HKI). Logo resmi Hari Koperasi Indonesia 2023 pun resmi diluncurkan, yang membawa nuansa Jakarta dan Papua sekaligus. Monas dan replika burung Cendrawasih memperkaya logo Hari Koperasi Indonesia ke-76 kali ini.

Acara Hari Koperasi Indonesia 2023
Dalam rangka merayakan peringatan Hari Koperasi ke-76 atau Hari Koperasi Indonesia tahun 2023, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan. Baik kegiatan di tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Adapun puncak acara Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2023. Puncak acara Hari Koperasi Indonesia (HKI) tingkat nasional kali ini akan dirangkai di dua tempat, yaitu di Jayapura dan Jakarta.

Selain rangkaian acara puncak Hari Koperasi ke-76 di Jakarta pada tanggal 12 Juli 2023, Hari Koperasi Indonesia akan menggelar acara besar di Papua pada tanggal 25-30 Juli 2023 berupa pagelaran Budaya Nusantara sebagai simbol kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Sekretariat Jenderal (Sekjen) Dekopin Sarjono Amsan, diperkirakan bahwa pelaksanaan acara Hari Koperasi Indonesia ke-76 skala nasional di dua tempat ini untuk mendorong pemerataan pertumbuhan dan pengembangan koperasi di timur Indonesia.

Karena itu, selain pagelaran budaya dan musik di Jayapura untuk menarik masyarakat untuk mengenal Koperasi di Timur Indonesia, menurut Sarjono Amsan, antusias masyarakat Koperasi di Papua juga cukup tinggi.